Pulau Harapan Kep. Seribu

Long weekend 17-20 Mei 2012 kemarin saya dan 5 orang teman saya trip ke pulau harapan dengan ikut sebuah eo perjalanan yang sifatnya open trip. Itinerary yang udah dibuat 3d/2n, diisi dengan hopping island dan snorkling 2 hari..

Day-1

Trip yang seharusnya berangkat kamis jam 06.30, ternyata harus diundur jadi jam 10.00 bergantung bgt sama kapalnya. Dan setelah menunggu ternyata si kapal juga ngaret sampe akhirnya br brangkat jam 11.00. Kurang lebih 3 jam brangkat ke pulau harapan.

Begitu sampe di pulau harapan, lgsg ada pembagian homestay. 1 homestay diisi 15-16 org. Dan kekecewaan saya dan tmen-tmen pun dimulai. Kami dapet homestay dgn 2 kamar dan 1 buah AC sampe kami harus membuka pintu kamar agar share AC bisa kerasa ke ruang tengah dmna cowo2 tdur, dan yg lbh mengecewakannya lg, kamar mandi yg ada cm 1 dan dipakai untuk 16 org, yg notabene bergender campuran.

Sesampainya di homestay, kami makan siang dan lgsg diburu buat hopping island sesuai itinerary awal yg udh molor 4 jam. Kami snorkling entah dmna yg spot snorklingnya krg bgus karena udh byk trumbu yg mati dan rusak. Ga sampe satu jam, kami smua bergerak ke pulau kayu melintang untuk foto2 dan skedar main air. Pemandangan d pulau ini indah.
pulau kayu melintang
sunset pulau kayu melintang

binatang laut

Dan setelah matahari terbenam, kami bru kembali ke pulau harapan. Melaut di malam hari dengan ombak besar dan kilat di langit sungguh membuat kami lumayan tegang. Ada perasaan khawatir, jadilah perjalanan plg ini penuh doa.

Dan untuk malam hari, kami kmpul untuk makan di lapangan pulau harapan. Dan dlanjutkan dgn acara bebas.

Day-2

Pagi ini kami ber-6 semangat mengejar sunrise. Bangun jam 5 dan lgsg jalan menuju dermaga. Tmen satu homestay kami ternyata memang tdk berminat untuk mngejar sunrise.
sunrise di dermaga pulau harapan
bebatuan dermaga pulau harapan

Dan tau apa? Di dermaga sepi, hanya ada kami dan bbrapa org yg niat melihat si matahari terbit. Cukup kaget sih tau keadaan itu. Setau saya, pantai identik dgn sunrise dan sunset.

Setelah itu, kami sarapan, dan dilanjutkan explore pulau harapan dan kelapa yg sangat tidak terorganisir. Jalan semaunya. Entah sampai mana tanpa ada guide. Ngalor ngidul jalan kesana kemari sambl nunggu jumatan tiba.

Setelah jumatan kami bergegas untuk snorkling. Yang ternyata pertamanya kami di”mampir”kan ke p. Pramuka hanya selama 10 menit, yaa se-pu-luh menit saja. Dapat apa? Cuma dpt foto d depan KM. Kobra. Setelah dr pulau pramuka kami lanjut ke tempat snorkling ke-2. Entah dmna, yg psti lbh bagus dr kemarin, tp ttp tidak terlalu wah!
snorkling

Ada hal yg ckup memprihatinkan yg saya lihat dr kebiasaan wisatawan yg snorkling. Mereka selalu ingin memegang, mengangkat, bahkan berdiri di atas terumbu karang. Hanya untuk sekedar memuaskan hasrat atau hanya sekedar berfoto yg nantinya bs dipamerkan. Padahal sekali sentuhan saja di terumbu karang, mereka butuh ratusan tahun untuk tumbuh. Miris! Orang-orang akan berbondong-bondong mencari wisaa bahari indah untuk dinikmati, tp justru mreka sendrilah yg merusaknya.

Oke, enough bicara keprihatinan saya. Lanjut deh after snorkling, kami harusnya mandi, tp giliran dgn tmen homestay yg jumlahnya 9 org. Saking ga sabarnya mandi, akhirnya kami puter otak cari tmpt mandi. Pilihan nekad kami jatuh ke MASJID. Dan jgan kira kami mandi di kamar mandi masjid, tp kami justru mandi di bwah keran kaya tmpt wudhu gitu. 3 cewe mandi, 2 jaga d depan, supaya ga ada orang luar yg masuk soalnya tmpt itu ga ada pintu dan tembok penutupnya cm tinggi sekitar 160m aja.

Malam harinya, kami maka ikan bakar yang uenaknyaaa. Seger! Soalnya br dipancing td siangnya.u Makan ikan bakar sambl disinarin bintang-yg pastinya langit disini bagus ga kaya jakarta hehe..

Day-3

Hari ini pagi kita ke pulau biraa, ckup 2 jam aja. Soalnya kapal yg bwa kita ke angke bakal brangkat jam 12an. Abis itu langsung siap2 ke dermaga buat naik kapal.
perjalanan ke pulau bira

Bener-bener perjalanan plg bikin tegang. Kbrnran kami dpt tempat di dek bawah kapal. Ombak gede bgt, kpal goyang ke kanan ke kiri, bahkan air laut sampe masuk ke dalam dek lewat jendela. Sempet pada satu titik kapal kami keguncang ckup kencang kaya mau kebalik, org satu kapal yg tadinya heboh nikmatin ayunan ombak sambil sorak sorai, mendadak semua terdiam dan mematung. Tp untunglah kami sampai dengan selamat :)
Perjalanan kali ini indah, tp kurang memuaskan, tp lebih tepatnya mengecewakan karena ekspekstasi kami terhadap eo ckup tinggi. Tp ga apa lah, untuk pngalaman dan dijadiin acuan buat next trip :)